Rabu, 07 Juli 2010

Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan komputer
sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnyamenggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagiinformasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya.
Tujuan dari jaringan komputer adalah:
* Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
* Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
* Akses informasi: contohnya web browsing

Komponen Jaringan komputer
Jaringan Komputer tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software.
Komponen Hardware
Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel dan topologi jaringan.
a.Personal Computer
Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Dibawah inibisa kita tinjau sedikit sejarah komputer pribadi ini.
§ Pada Tahun 1981

360KB Sebelum PC ini diperkenalkan, komputer umumnya berukuran sangat besar dan hanyadigunakan
oleh organisasi/perusahaan. Komputer ini bernama lengkap IBM PC XT (Extended Technology) dan
menggunakan processor yang dibuat oleh perusahaan Intel, yaitu Intel 8088. Ia memiliki RAM sebesar
128KB (kilobyte), floppy disk drive ukuran 5 1/4 inci berkapasitasdan hard disk 10MB (megabyte). Ia
memiliki BASIC ROM (BASIC Read Only Memory) yang berisi bahasa pemrograman BASIC, yang secara
otomatis muncul apabila DOS tidakterpasang.

§ Pada Tahun 1982

Compaq, Inc. berdiri dan membuat komputer IBM PC compatible, artinya menggunakanstandarisasi
hardware dan software IBM. Sistem kompatibel ini memungkinkan banyakperusahaan diluar IBM membuat
PC dengan standar yang sama, sehingga harganya menjadimurah.

§ Pada Tahun 1984

IBM memperkenalkan generasi penerus XT yaitu PC AT (Advanced Technology) yang menggunakan processor Intel 80286. Ia memiliki floppy disk drive berkapasitas 1,2MB. RAMnya meningkat menjadi 256 dan 512KB.

Di tahun ini juga Apple memperkenalkan Macintosh, komputer pertama yang menggunakan tampilan grafis (GUI, Graphical User Interface) dan Mouse sebagai pengendali kursor dan layar.
Macintosh dari Apple ini menggunakan konfigurasi yang berbeda dari IBM PC, baik hardware maupun softwarenya. Apple memproduksi sendiri hardware dan software untuk komputernya dan tidak ada kompatibelnya, sehingga harganya lebih mahal dibanding PC

§ Pada Tahun 1987

Komputer yang menggunakan processor Intel 80386 diperkenalkan. Ia mampu mengolah data yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh mainframe. Tidak hanya IBM yang memproduksi PC dengan processor seperti ini tetapi juga perusahaan-perusahaan lain yang menggunakan kompatibilitas IBM.

§ Pada Tahun 1989 – sekarang

Pada 1989 Intel mengeluarkan processor 80486 yang kecepatan prosesnya empat kali processor 386. Perkembangan teknologi processor turut memacu perkembangan PC itu sendiri. Processor-processor terbaru dengan konfigurasi yang lebih modern seperti Pentium 4 dan Athlon menjadikan kemampuan PC semakin meningkat. Berbagai perusahaan mengembangkan dan menjual komputer berstandar IBM dengan berbagai variasi dan teknologi. Bentuk komputer personal tidak lagi harus berada diatas meja (desktop), melainkan bisa dilipat dan dimasukkan kedalam tas (Laptop atau Notebook PC), atau digenggam dan tergabung dengan telepon selular (Palmtop atau PDA – Personal Digital Assistance.

Hingga kini semua komputer buatan Apple populer dengan sebutan Mac, sedangkan komputer buatan IBM dan kompatibelnya dipanggil dengan sebutan PC.

§ Pada Tahun 2002

Sebuah PC dengan mesin pendingin didalamnya telah dibuat dan diklaim oleh pembuatnya sebagai yang tercepat didunia saat ini. Sebelumnya, menjalankan komputer melebihi batas kemampuannya akan membuatnya overheat. Sejauh ini setting PC dilakukan dengan berbagai cara untuk mempertinggi kecepatan proses dan mempertahankan mesin tetap dingin. Tetapi pembuat Vapochill PC, demikian namanya, dengan sebuah prosesor Intel 3 GHz, mengatakan bahwa PC mereka adalah produk komersial pertama yang mampu melakukannya dalam keadaan normal.

b. Mainboard /Motherboard

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.


c. RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya.

d. Video Card

Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.

e. Hard Disk

Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.

f. Optical Disc Drive

Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau lain sebagainya.

g. Sound Card

Sound card adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card.

h. Monitor

Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.

i. Keyboard

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

j.Mouse

Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

k. Power Supply

Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.

l. Casing

Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.

Komponen Jaringan Komputer

Ada banyak komponen yang dapat menjadi bagian dari suatu jaringan, misalnya komputer pribadi, server, perangkat jaringan, dan pemasangan kabel. Komponen-komponen ini dapat dikelompokkan ke dalam empat kategori utama :Komponen jaringan komputer yang paling dikenal orang adalah hosts dan shared pheripheral. Host adalah perangkat untuk mengirim dan menerima pesan secara langsung di seluruh jaringan.

Shared peripheral (perangkat berbagi) tidak secara langsung terhubung ke jaringan, tapi terhubung ke host. host tersebut kemudian bertanggung jawab untuk berbagi perangkat di jaringan. Host memiliki perangkat lunak komputer dikonfigurasi untuk memungkinkan orang-orang di jaringan untuk menggunakan perangkat periferal terpasang.

Perangkat jaringan (networking devices) serta media jaringan (networking media) digunakan untuk menghubungkan host.

Beberapa perangkat bisa memainkan peran lebih dari satu, tergantung pada bagaimana mereka terhubung. Sebagai contoh, printer langsung terhubung ke host (printer lokal) adalah suatu perangkat. Printer terhubung langsung ke perangkat jaringan dan berpartisipasi secara langsung dalam komunikasi jaringan adalah host.


Referensi:
  1. http://komponenkomputer.com/fungsi-masing-masing-komponen-komputer.php
  2. http://radensomad.com/pengertian-jaringan-komputer-dan-klasifikasi-topologi-jaringan-komputer.html
  3. http://prima.kurniawan.students-blog.undip.ac.id/2009/07/13/pengertian-jaringan-komputer-dan-manfaatnya/
  4. http://www.kamusilmiah.com/it/mengenal-apa-itu-personal-computer/


Tidak ada komentar: